Sabtu, 27 Juli 2019

Sekolah Kepemimpinan Desa

Logo Pandjer School
Logo Pandjer School

Sekolah ini berfokus pada peningkatan wawasan dan kemampuan pengambilan keputusan di level desa yang menyasar kepala desa dan anggota Badan Pemusyawaratan Desa (BPD), tetapi tidak menutup kesempatan bagi elemen lainnya di desa yang tertarik pada isu kepemimpinan dan kebijakan di desa.

Sekolah ini memiliki dua tingkatan, yaitu dasar (mandatory) dan lanjutan (advance). Di tingkat dasar, seorang pembelajar didampingi secara serius untuk mampu:
  • Melaksanakan tugas keseharian dengan materi utama tentang “Kepemerintahan” dan “Kepemimpinan Politik dalam Birokrasi” yang dijalani selama 3 x 3 jam.
  • Membaca, memahami, dan membuat regulasi dengan materi utama tentang “Legal Drafting” yang dijalani selama 3 x 3 jam.
  • Memahami perencanaan, penganggaran, dan pertanggungjawaban dengan materi utama tentang “RPJMDesa, RKPDesa, ABPDesa dan LPPD/LKPJ yang dijalani selama 8 x 3 jam.
  • Mengawal kebijakan anggaran di tingkat supra-desa dengan materi utama tentang “Penyusunan Proposal Kebijakan” dan “Analisis Anggaran” yang dijalani selama 2 x 3 jam.
  • Mempraktekkan demokrasi deliberative (musyawarah) dengan materi utama tentang “Komunikasi Politik”, “Teknik Loby”, dan “Manajemen Jaringan” yang dijalani selama 2 x 3 jam.
  • Melakukan pemetaan situasi (untuk kepala desa) dan pengawasan (untuk BPD) dengan materi utama tentang “Analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity dan Threat)” yang dijalani selama 1 x 3 jam.

Setelah mengikuti seluruh materi pembelajaran di tingkat dasar, seorang pembelajar akan diberi “Sertifikat Tuntas Sekolah Kepemimpinan Desa Tingkat Dasar” yang menjadi prasyarat untuk melanjutkan pembelajaran di tingkat lanjut guna mampu untuk:
  • Memiliki kepekaan terhadap isu-isu pembangunan di desa dengan ragam materi tentang “Pengarusutamaan Gender”, “Perlindungan Anak”, dan “Partisipasi Masyarakat” yang dijalani selama 3 x 3 jam.
  • Menerima dan memfasilitasi aspirasi masyarakat, serta menghadapi massa dengan materi utama tentang “Strategi dan Teknik Fasilitasi”, Manajemen Konflik”, dan “Manajemen Risiko” yang dijalani selama 2 x 3 jam.
  • Melakukan inovasi kebijakan dengan materi utama tentang “Kaidah dan Parameter Diskresi Kebijakan”yang dijalani selama 3 x 3 jam.
  • Mengembangkan ekonomi kreatif desa dengan materi utama tentang “Manajemen BUMDesa” dan “Lembaga Keuangan Desa” yang dijalani selama 3 x 3 jam.
  • Mewujudkan kemandirian desa berbasis pengakuan kewenangan desa dengan materi utama tentang “Regulasi Desa” yang dijalani selama 3 x 3 jam.

Setelah mengikuti seluruh materi pembelajaran di tingkat lanjut, seorang pembelajar akan menerima “Sertifikat Tuntas Sekolah Kepemimpinan Desa Tingkat Lanjut”. Sertifikat tersebut menjadi dasar untuk menyatakan seorang pembelajar sebagai Alumnus Pandjer School dengan pemberian “Sertifikat Apresiasi”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar