PROGRAM PENINGKATAN KAPASITAS DESA

A. Deskripsi Program
Sesuai dengan strategi Pandjer School ke-1, yaitu memperkuat akuntabilitas dan tata kelola penyelenggaraan negara melalui kegiatan kapasitasi bagi para elite local, program utama yang dilakukan ialah “Peningkatan Kapasitas Desa” melalui pelatihan-pelatihan secara gratis bagi aparatur desa, dan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD), dan Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD).

B. Cakupan Program
Program ini berfokus pada peningkatan wawasan dan kemampuan tentang pemerintahan dan pemberdayaan masyarakat di level desa dengan dua tingkatan, yaitu dasar (basic) dan lanjutan (advance). Di tingkat dasar, seorang pembelajar didampingi secara serius untuk menyelesaikan kurikulum di bawah ini.

Materi Dasar

Setelah mengikuti seluruh materi pembelajaran di tingkat dasar, seorang pembelajar akan diberi “Sertifikat Tuntas” yang menjadi prasyarat untuk melanjutkan pembelajaran di tingkat lanjut guna mampu untuk:

Materi Lanjutan
Setelah mengikuti seluruh materi pembelajaran di tingkat lanjut, seorang pembelajar akan menerima “Sertifikat Tuntas”. Sertifikat tersebut menjadi dasar untuk menyatakan seorang pembelajar sebagai Alumnus Pandjer School dengan pemberian “Sertifikat Apresiasi”, sementara desa dampingan akan medapatkan ‘Sertifikat Desa Dampingan Pandjer School”.