Sekolah Parlemen Lokal

Sekolah ini berfokus untuk memampukan anggota parlemen lokal sehingga memiliki kepiawaian dan fondasi keilmuan untuk menggunakan kewenangan dan haknya sebagai pejabat publik. Meski sasaran utama sekolah ini adalah anggota parlemen lokal aktif, hal ini tidak membatasi siapapun yang terafiliasi ke partai politik, ormas, perguruan tinggi dan LSM manapun untuk turut belajar bersama.

Sekolah ini memiliki dua tingkatan, yaitu dasar (mandatory) dan lanjut (advance). Di tingkat dasar, seorang pembelajar dimampukan untuk:
  • Memahami tiga fungsi parlemen lokal, serta hak dan kewajiban anggota parlemen lokal dengan materi utama tentang “UU MD3” dan “UU Pemerintahan Daerah” yang dijalani selama 2 x 3 jam.
  • Menguasai sistem dan alur perencanaan dan penganggaran pembangunan di level daerah dengan materi utama tentang “Pengantar Perencanaan Pembangunan”, “Penyerapan Aspirasi”, dan “Politik Anggaran” yang dijalani selama 3 x 3 jam.
  • Membuat reasoning terhadap legal drafting (naskah akademik) regulasi dengan materi utama tentang “Tata Urutan Perundangan”, “Sistematika Legal Drafting”, dan “Teknik Penulisan Reasoning” yang dijalani selama 3 x 3 jam.
  • Memfasilitasi, memediasi, dan menindaklanjuti audiensi dan demonstrasi dengan materi utama tentang “Strategi dan Teknik Komunikasi Politik”, “Resolusi Konflik”, dan “Sistem Pengambilan Keputusan” yang dijalani selama 3 x 3 jam.

Setelah mengikuti seluruh materi pembelajaran di tingkat dasar, seorang pembelajar akan diberi “Sertifikat Tuntas Parlemen Lokal Tingkat Dasar” yang menjadi prasyarat untuk melanjutkan pembelajaran di tingkat lanjut guna mampu untuk:
  • Menganalisis kebijakan publik dengan materi utama tentang “Ragam Model Kebijakan Publik” dan “Analisis Terhadap Kebijakan VS Analisis Untuk Kebijakan” yang dijalani selama 2 x 3 jam.
  • Menerapkan tata kelola parlemen yang baik dengan materi utama tentang “Hubungan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah”, “Hubungan Partai Politik, Sektor Swasta, dan Masyarakat Sipil”, dan “Kerja Sama Lintas Parlemen Lokal” yang dijalani selama 3 x 3 jam.
  • Mengawal kebijakan anggaran di tingkat provinsi dan pusat dengan materi utama tentang “Merancang Studi Banding”, “Teknik Loby”, dan “Analisis Anggaran” yang dijalani selama 3 x 3 jam.
  • Membangun jaringan sosial dan karier politik dengan materi utama tentang “Manajemen Jaringan” dan “Politik Anti-Korupsi” yang dijalani selama 2 x 3 jam

Setelah mengikuti seluruh materi pembelajaran di tingkat lanjut, seorang pembelajar akan menerima “Sertifikat Tuntas Sekolah Parlemen Lokal Tingkat Lanjut”. Sertifikat tersebut menjadi dasar untuk menyatakan seorang pembelajar sebagai Alumnus Pandjer School dengan pemberian “Sertifikat Apresiasi”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar