Drs. Suranto

Picture

Drs. Suranto, lahir di Sleman, 8 Juni 1962. Pak Ranto menyelesaikan pendidikan S1 di Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (sekarang UIN) Yogyakarta pada tahun 1992. Sejak 2019, Pak Ranto menjabat sebagai Koordinator Kemitraan AntarLembaga dan Penggalangan Dana di Pandjer School.

Sejak muda, Pak Ranto aktif berorganisasi sebagai Anggota Litbang Pimpinan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (1989-1990) dan Sekretaris Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Cabang Sleman (1986-1990). Pak Ranto memiliki pengalaman kerja yang panjang di bidang anak sejak bergabung sebagai staf Plan Internasional Indonesia pada tahun 1992 hingga 2013 dengan posisi terakhir sebagai Child Protection Officer. Terakhir, Pak Ranto pernah menjadi Koordinator Lapangan dalam program Perlindungan Anak berbasis Masyarakat dan Pencegahan Pernikahan Anak yang dikelola oleh Yayasan SAMIN dan Plan Indonesia Program Unit Rembang (2014-2015); Koordinator program Pendidikan Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang (PPTPPO) yang diselenggarakan oleh Yayasan SAMIN bekerja sama dengan Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (2015); dan Koordinator program Menentang Eksploitasi Seksual Anak Online yang dilakukan oleh Yayasan SAMIN (2016).

Pak Ranto juga banyak dipercaya sebagai fasilitator dan tim penyusun oleh berbagai lembaga, seperti Yayasan SAMIN, Yayasan Bhakti Luhur Malang, Yayasan SETARA, KAKAK, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPA), GNI, Indoect, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Kebumen, serta Eureka Yogyakarta. Sejumlah fasilitasi yang pernah dilakukan di antaranya ‘Pelatihan Kebijakan Perlindungan Anak untuk Plan Indonesia Program Unit Kebumen’ (2008); ‘Penyusunan Indikator Kabupaten Kebumen Layak Anak untuk Kelompok Anak Kabupaten Kebumen – KOMPAK’ (2012); ‘Parenting di 27 Desa/10 Kecamatan di Lampung Timur’ (2015); dan ‘Lokakarya Membangun Komunitas Layak Anak’ (2015). Di samping itu, sejumlah panduan/buku/dokumen yang pernah melibatkan Pak Ranto sebagai anggota tim di antaranya ‘Panduan Perencanaan Pembangunan Desa Partisipatif Kabupaten Kebumen’ (2010); ‘Analisis Situasi Hak Anak di Desa Penimbun, Desa Kajoran, Desa Karangmojo dan Desa Logandu Kabupaten Kebumen’ (2011); ‘Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Kebumen tentang Penyelenggaraan Perlindungan Anak’ (2013); ‘Buku Membangun Jaringan Perlindungan Anak di Tingkat Komunitas’ (2015); ‘Profil Pencegahan Kekerasan dan Eksploitasi Anak di Kabupaten Gunungkidul dan Sleman’ (2016); ‘Pedoman Perlindungan Anak untuk Staff Yayasan Bhakti Luhur Malang’ (2017).

Di Pandjer School, Pak Ranto memiliki spesialisasi di bidang Perlindungan dan Partisipasi Anak. Pak Ranto dapat dihubungi melalui nomor handphone: 081-227-826-14, atau e-mail: suranto@yayasan-samin.org, atau dikunjungi langsung di alamat Mancasan Tundan, Rt 03 Rw 02 Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Sleman.