Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penanaman Pohon Konservasi di Desa Jladri Kecamatan Buayan

dokumentasi

SEKILAS TENTANG KEGIATAN
Kegiatan penanaman pohon konservasi untuk penghijauan merupakan bagian dari program bertema lingkungan yang dimiliki oleh Pandjer School, yaitu: ‘Gerakan Konservasi Alam untuk Lahan Kritis dan Penghijauan’. Kegiatan ini memiliki misi untuk memperluas lahan hijau dengan tanaman-tanaman konservasi di kawasan sumber mata air, kawasan rawan longsor, dan/atau kawasan pesisir, terutama di kawasan yang sedang terancam oleh alih fungsi lahan untuk kepentingan tambang dan industri. Hal ini dilakukan untuk mendukung adanya kelestarian alam sehingga masyarakat dapat terus memperoleh air bersih dan udara yang sejuk untuk kehidupan sehari-hari.

TUJUAN KEGIATAN
Kegiatan ini bertujuan untuk:

  1. Meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya lingkungan yang hijau dan asri untuk menjaga ekosistem alam yang berdampak pada kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya;
  2. Mempromosikan pembangunan yang berkelanjutan dan berpihak pada kelestarian lingkungan kepada para pemangku kepentingan, terutama ketersediaan air dan udara yang sehat; dan
  3. Mendukung upaya untuk mempertahankan lingkungan yang terancam oleh kepentingan alih fungsi lahan yang berdampak negatif terhadap kerusakan ekosistem alam.
dokumentasi

SASARAN KEGIATAN
Kegiatan ini memberikan manfaat masyarakat Dusun Londeng, Desa Jladri, Kecamatan Buayan dalam bentuk bibit pohon Kenari, Trembesi, Aren, dan Beringin dengan total 200 batang untuk menghijaukan kawasan permukiman dan sekitarnya, terutama titik-titik yang memiliki sumber mata air dan/atau rawan bencana.

WAKTU DAN TEMPAT
Kegiatan ini telah diselenggarakan oleh Pandjer School di Dusun Londeng, Desa Jladri, Kecamatan Buayan, Kabupaten Kebumen pada Kamis, 20 April 2023, pukul 15.00-17.00 WIB.

dokumentasi

REALISASI ANGGARAN
Kegiatan ini didanai oleh donatur Pandjer School sebesar Rp 538.000 (lima ratus tiga puluh delapan ribu rupiah) yang bersumber dari donasi dengan nomor 01/PS-TTD/III/2023.

REFLEKSI KEGIATAN
Kegiatan tersebut disambut dengan sangat baik oleh masyarakat Dusun Londeng karena dipandang mendukung upaya mereka mempertahankan wilayah mereka dari rencana pertambangan batu yang berpotensi merusak lingkungan, terutama mengancam ketersediaan air bersih dan udara yang sehat. Diharapkan kegiatan penghijauan ini dapat dilanjutkan di wilayah lain secara rutin sehingga memberikan manfaat yang besar bagi lingkungan yang asri dan lestari.

Posting Komentar untuk "Penanaman Pohon Konservasi di Desa Jladri Kecamatan Buayan"