Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penanaman Pohon Konservasi di Desa Sampang Kecamatan Sempor Kebumen

dokumentasi 1
Dokumentasi di Area Pohon Sumber Desa Sampang

SEKILAS TENTANG KEGIATAN
Kegiatan penanaman pohon konservasi untuk penghijauan merupakan bagian dari program bertema lingkungan yang dimiliki oleh Pandjer School, yaitu: 'Gerakan Konservasi Alam untuk Lahan Kritis dan Penghijauan'. Kegiatan ini memiliki misi untuk memperluas lahan hijau dengan tanaman-tanaman konservasi di kawasan sumber mata air, kawasan rawan longsor, dan/atau kawasan pesisir, terutama di kawasan yang sedang terancam oleh alih fungsi lahan untuk kepentingan tambang dan industri. Hal ini dilakukan untuk mendukung adanya kelestarian alam sehingga masyarakat dapat terus memperoleh air bersih dan udara yang sejuk untuk kehidupan sehari-hari.

TUJUAN KEGIATAN
Kegiatan ini bertujuan untuk:

  1. Meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya lingkungan yang hijau dan asri untuk menjaga ekosistem alam yang berdampak pada kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya;
  2. Mempromosikan pembangunan yang berkelanjutan dan berpihak pada kelestarian lingkungan kepada para pemangku kepentingan, terutama ketersediaan air dan udara yang sehat; dan
  3. Mendukung upaya untuk mempertahankan lingkungan yang terancam oleh kepentingan alih fungsi lahan yang berdampak negatif terhadap kerusakan ekosistem alam.
dokumentasi 2
Penyerahan bibit pohon oleh Pak Musmaidi (ketua penyelenggara kegiatan) kepada Karang Taruna Desa Sampang.

SASARAN KEGIATAN
Kegiatan ini memberikan manfaat bagi masyarakat Dusun Pejamuran, Desa Sampang, Kecamatan Sempor dalam bentuk bibit pohon Kenari, Aren, Beringin, Gayam, dan Nangka dengan total 300 batang untuk menghijaukan kawasan sumber mata air, permukiman dan sekitarnya.

WAKTU DAN TEMPAT
Kegiatan ini telah diselenggarakan oleh Pandjer School bersama Mapalla Sepet Aking dan Karang Taruna Desa di Dusun Pejamuran, Desa Sampang, Kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen pada Sabtu, 6 Mei 2023, pukul 15.00-18.00 WIB.

Pak Ahmad Basuki (Mapalla)
Pak Ahmad Basuki (Mapalla Sepet Aking)

REALISASI ANGGARAN
Kegiatan ini didanai oleh donatur Pandjer School sebesar Rp500.000 (lima ratus ribu rupiah) yang bersumber dari donasi dengan nomor 05/PS-TTD/V/2023.

REFLEKSI KEGIATAN
Kegiatan tersebut disambut dengan sangat baik oleh masyarakat Dusun Pejamuran karena dipandang mendukung upaya mereka melestarikan kawasan hutan, terutama area Pohon Sumber yang berada di tengah hutan. Diharapkan kegiatan penghijauan ini dapat dilanjutkan di wilayah lain secara rutin sehingga memberikan manfaat yang besar bagi lingkungan yang asri dan lestari.