Agung Widhianto

Agung Widhianto, S.I.P., M.Sc., M.Sc.

Agung Widhianto, S.I.P., M.Sc., M.Sc., lahir di Kebumen, 31 Mei 1994. Agung menyelesaikan pendidikan S1 Ilmu Politik di Departemen Ilmu Politik dan Pemerintahan, Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta (2016). Dengan beasiswa Swedish Institute Study Scholarship (SISS) dari Pemerintah Swedi, Agung lalu menyelesaikan pendidikan S2 Ilmu Politik (Statsvetenskap Filosofie Magisterexamen) di Departemen Ilmu Politik, Universitas Umeå, Swedia (2019) dengan nilai thesis tertinggi berjudul ‘Why People Run for Elective Office? Study of Political Motives Among Local Elites in Kebumen’. Dengan beasiswa yang sama, Agung juga mendapatkan gelar S2 Ilmu Politik kedua (Statsvetenskap Filosofie Mastererexamen) dari universitas yang sama setelah mendapatkan nilai thesis tertinggi ‘Why Public Officials Complicit in Corruption? An Exploratory Study of Doers’ Personal Views and Experiences in Central Java, Indonesia’. Sejak Juli 2019 Agung menjabat sebagai Pendiri dan Ketua Pandjer School. Saat ini Agung juga bekerja sebagai konsultan di World Bank dengan posisi Content Development Specialist sejak Juli 2020.

Agung dikenal aktif di berbagai organisasi, seperti Ketua Komunitas Peduli Anak Kebumen (2010-2012); Ketua Angkatan Jurusan Ilmu Politik dan Pemerintahan, Universitas Gadjah Mada (2012-2016); Anggota Global Youth Steering Committee (YSC) Plan International (2012-2014) dari Kantor Regional Asia; Anggota Global Youth Advisory Panel (GYAP) Plan International (2014-2016); dan Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Swedia Utara meliputi Umeå, Luleå, dan Kiruna (2019-2020). Agung juga terlibat dalam berbagai forum internasional, seperti Representatif, Workshop Pelibatan Anak Muda dalam Proses Pengambilan Keputusan dan Tata Kelola Plan Internasional di Farnham Castle, Inggris (2013); Delegasi Indonesia, Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB): Youth Take Over-Malala Day di New York, Amerika Serikat (2013); Pembicara, Pertemuan Global Youth Advisory Panel (GYAP) Plan Internasional di Connecticut, Amerika Serikat (2013); Fasilitator, Workshop Pelibatan Anak Muda dalam Pengambilan Kebijakan dan Tata Kelola Organisasi Plan Internasional Regional Asia di Bangkok, Thailand (2014); Fasilitator, Workshop Pelibatan Anak Muda dalam Pengambilan Kebijakan dan Tata Kelola Organisasi Plan Internasional Regional Afrika Bagian Timur dan Selatan di Lusaka, Zambia (2015); Delegasi, Pertemuan Members Assembly (MA) Plan Internasional tentang Restrukturisasi Visi Organisasi dalam Merespon Sustainable Development Goals (SDGs) di Wiesbaden, Jerman (2015); Partisipan, Pelatihan Komunikasi dan Debat di Amsterdam, Belanda (2015); dan Delegasi, Pertemuan Members Assembly (MA) Plan Internasional untuk berbicara tentang Penanganan Krisis Timur Tengah di Wiesbaden, Jerman (2015).

Di Indonesia, Agung sering menjadi pembicara di berbagai kampus, seperti Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Politeknik ATK Yogyakarta, Universitas Negeri Semarang (UNNES), Universitas Diponegoro (UNDIP), Universitas Sebelas Maret (UNS) dan Universitas Muhammadiyah Purwokerto, selain juga sering dimintai pendapatnya sebagai pengamat politik di berbagai media lokal. Minat kajian Agung meliputi: Politik Hasrat, Analisis Kebijakan Publik, Parlemen, Kepemimpinan Publik dan Politik Korupsi. Agung dapat dihubungi melalui nomor handphone: 081-22-888-0204 atau e-mail: agung.widhianto@outlook.com atau dikunjungi di Rt 01 Rw 06 Panjer, Kebumen.